Jika dua benda bergerak dengan kecepatan sama, manakah yang lebih sukar anda hentikan benda yang bermassa besar atau yang kecil ?

Jika dua benda bergerak dengan kecepatan sama, manakah yang lebih sukar anda hentikan benda yang bermassa besar atau yang kecil ?

Jawaban yang benar adalah benda yang bermassa besar.

Pembahasan:
>>Pengertian Momentum.
Momentum adalah besaran yang menunjukkan ukuran kesukaran untuk memberhentikan gerak suatu benda. Untuk menghentikan benda, diperlukan usaha yang besarnya sama dengan perubahan energi mekaniknya.

Semakin besar massa suatu benda, maka semakin besar pula usaha yang diperlukan untuk menghentikan benda tersebut, atau dengan kata lain, benda semakin sukar untuk dihentikan. Artinya, semakin besar massa benda, maka momentum yang dimiliki benda akan semakin besar pula. Jadi, dapat disimpulkan bahwa momentum berbanding lurus dengan massa, atau dapat digambarkan sebagai berikut:

Momentum ~ Massa
p ~ m

Keterangan
p = momentum (kg m/s)
m = massa (kg)

Begitu pula dengan kecepatan. Semakin besar kecepatan suatu benda, maka semakin besar pula usaha yang diperlukan untuk menghentikan benda tersebut, atau dengan kata lain, benda semakin sukar untuk dihentikan. Artinya, semakin besar kecepatan benda, maka momentum yang dimiliki benda akan semakin besar pula. Jadi, dapat disimpulkan bahwa momentum berbanding lurus dengan kecepatan, atau dapat digambarkan sebagai berikut:
Momentum ~ Kecepatan
p ~ v

Keterangan
v = kecepatan (m/s)

Jadi, yang lebih sukar dihentikan adalah benda yang bermassa besar.

Baca Juga :  3 buah hambatan dirangkai secara parallel masing masing besarnya 12 Ohm, dan dihubungkan dengan sumber tegangan dan mengalir arus 2 A .Hitung Energi listrik yang digunakan selama 0,25 jam !