Tulis persamaan untuk konversi dari kc ke kp untuk setiap reaksi berikut, yang terjadi dalam fase gas: a. 2SO2(g) + O2(g) ⇌ 2SO3(g)

tulis persamaan untuk konversi dari kc ke kp untuk setiap reaksi berikut, yang terjadi dalam fase gas: a. 2SO2(g) + O2(g) ⇌ 2SO3(g)

Jawaban : Kp = Kc/(RT)

Tetapan kesetimbangan yang dilambangkan dengan Kc menyatakan tetapan kesetimbangan berdasarkan konsentrasi (C=concentration). Tetapan kesetimbangan berdasarkan konsentrasi zat ini hanya berlaku untuk zat – zat dengan fasa gas dan larutan (aqueous), sedangkan zat yang berfasa padat (solid) dan liquid (cair) tidak disertakan dalam persamaan tetapan kesetimbangannya.

Untuk kesetimbangan zat dalam wujud gas, tetapan kesetimbangan dapat dinyatakan dengan Kp yang merupakan tetapan kesetimbangan berdasarkan tekanan parsial (P=pressure).

Hubungan antara Kc dan Kp dpat dirumuskan sebagai berikut untuk sistem gas.

Kp = Kc .(RT)^Δn

Di mana:
R : Tetapan gas umum (0,082 L atm/mol.K)
T : Suhu (K)
Δn : Selisih koefisien gas produk dengan reaktan

2SO2(g) + O2(g) ⇌ 2SO3(g)

Menentukan Δn:

Δn = jumlah koefisien produk – jumlah koefisien reaktan
Δn = (2) – (2 + 1)
Δn = 2 – 3
Δn = -1

Maka:

Kp = Kc .(RT)^Δn
Kp = Kc .(RT)^-1
Kp = Kc/(RT)

Jadi, persamaan konversi dari Kc ke Kp untuk reaksi tersebut adalah Kp = Kc/(RT).

Baca Juga :  Seorang yang mengalami peradangan pada trakea dan bronkus sehingga orang tersebut selalu batuk-batuk dan sering demam. Dapat dipastikan orang tersebut menderita gangguan pernafasan yang disebut ....